Menhub Galang Dukungan Negara Sahabat,Agar Indonesia Bisa Calonkan Diri Sebagai Anggota Dewan Imo

Solusipublik.com-Kementerian Perhubungan mengadakan resepsi diplomatik dalam rangka Penggalangan Dukungan Pencalonan Kembali Indonesia sebagai Anggota Dewan IMO ‘Kategori C’ Periode 2020-2021.yang berlangsung di kantor Pusat kementrian Perhubungan Pada Senin’8 Juli 2019 di ruang mataram gedung Karya Lt 1 jakarta Pusat.

Resepsi ini dihadiri Menteri Perhubungan,Budi Karya Sumadi, Pejabat Kementerian Perhubungan, dan para Duta Besar serta Perwakilan Negara Sahabat.Menteri Budi mengatakan menjadi anggota Dewan IMO memiliki makna penting bagi Indonesia. Dengan menjadi anggota dewan IMO, Indonesia mendapatkan pengakuan dunia terhadap eksistensi RI yang turut menentukan kebijakan sektor transportasi laut dunia khususnya di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

‘Selain itu, sebagai negara maritim, Indonesia jelas memiliki kepentingan untuk terlibat dalam pembicaraan yang berkaitan dengan arah perkembangan sektor maritim di level internasional.

“Sesi-sesi diskusi, sesi-sesi pemberlakuan suatu teknologi, pengetahuan baru gitu, kalau kita negara besar negara maritim tidak masuk di sana kita akan tertinggal,” kata dia, saat ditemui, di sela-sela resepsi, di Kementerian Perhubungan, (8/7).

“Jadi,memang kita harus berperan aktif di sana (dewan IMO), bukan saja sebagai anggota, tetapi bagaimana kemanfaatan komersial kemanfaatan fungsional dan keterlibatan one on one dengan negara-negara lain memang sangat penting,” ujarnya.

Isert foto-Dr.Nirmala Chandra Dewi Motik.SH (Pengamat Pakar Kemaritiman)

Senada Dalam Hal itu.Dr.Nirmala Chandra Dewi Motik.SH (Pengamat Pakar Kemaritiman ),Mengatakan Kepada media Seputar pertemuan tadi.

“Dari 40 Negara yang mengikuti pertemuan di kemenhub malam ini, indonesia adalah salah satu kumpulan Negara yang benar-benar Super peduduknya’bagi kita selat malaka adalah salah satu perairan yang banyak dilalui kapal-kapal,dan Banyak lagi keunggulan orang asing liat,ujarnya.

‘Oleh karena itu,dengan keungulan ini,pastinya mereka juga akan berbicara dengan negara-negara sahabat yang akan mempromosikan indonesia dimata Dunia.

Selain itu,Dewi Motik juga berharap, agar kedepanya indonesia bisa terpilih lagi sebagai Candidature IMO,kalau perlu,bisa lebih banyak dari tahun ini’negara yang bisa terlibat didalamnya.

Tentu,dari target yang ingin diraih selain menjadi Candidature IMO’ Dewi Motik juga menginginkan keterlibatan masyarakat dan penduduk indonesia untuk turut terlibat langsung dalam merumuskan UU IMO perlindungan internasional,agar negara kita juga tidak tertinggal dari negara-negara lain.ungkapnya.

Reporter

4Liv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *