Sidang akan dilakukan dari Ratusan Pelanggar IMB di Jakarta Utara

Sidang akan dilakukan dari Ratusan Pelanggar IMB di Jakarta Utara

Jakarta Solusi Publik

Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Utara menghadirkan ratusan pelanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB), di Balai Yos Sudarso Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (6/11). Kehadirannya guna memastikan kelengkapan berkas sebelum proses persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (28/11) mendatang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Suroto menilai positif kegiatan Pemberkasan dalam Rangkaian Yustisi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang dan Bangunan Tahun 2019 ini. Artinya pengawasan terhadap pelanggaran bangunan yang selama ini dilakukan efektif.

“Kegiatan ini juga sebagai alat memberikan efek jera terhadap pelanggar. Sehingga ke depannya peraturan pembangunan dipahami masyarakat dan dapat meminimalisir adanya pelanggaran,” kata Suroto, saat ditemui di Balai Yos Sudarso Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (6/11).

Tak hanya itu, dia pun menyoroti kegiatan ini sebagai upaya menekan peran oknum perizinan bangunan. Sehingga masyarakat memahami pentingnya mengurus perizinan Mangunan secara mandiri tanpa melibatkan oknum yang bisa saja dapat memperkeruh permasalahan.

“Lewat kegiatan ini juga ada upaya meminimalisir agar tidak ada oknum. Padahal masyarakat bisa urus sendiri terkait perizinan bangunan yang sesuai zonasi atau hal lainnya melalui PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu),” jelasnya.

Sementara Kepala Seksi Penindakan Sudin CKTRP Jakarta Utara Ki Hajar Bonang menerangkan, pihaknya telah memanggil 523 pelanggar pendirian bangunan untuk pendataan sebelum persidangan. Pelanggar akan dikenakan sanksi berupa denda yang tentunya masuk ke kas negara melalui Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

“Hari ini hanya kita data identitas saja yang nantinya akan dilanjutkan saat persidangan. Pelanggaran masih masuk dalam kategori ringan misalnya membangun tidak sesuai zonasi atau tidak mengantongi IMB,” tutupnya.

 

Jakarta 6 November 2019.

Pendiri & Pemred Solusi Publik

Muhammad Muhlis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *